final word cup 2010

Senin, 12 Juli 2010

Segala yang Pertama di Piala Dunia 2010

detail_img

MONDAY, 12 JULY 2010

Total View : 490 times

Piala Dunia 2010, olahraga sepakbola sejagad sudah selesai pada pagi dini hari ini (12/7) dengan membawa Spanyol sebagai juara pertama, Belanda kedua, dan Jerman menduduki tempat ketiga. Piala Dunia 2010 ini mempunyai sejumlah fakta baru yang berbau ‘pertama kali’ yaitu :

Afrika Selatan sebagai wakil pertama benua ‘Hitam’ yang ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah. Dari 19 edisi Piala Dunia, Afsel mencatatkan diri sebagai tuan rumah pertama di Afrika. Lalu, gelar perdana juga ditorehkan Spanyol yang mengalahkan Belanda 1-0 di babak final. Setelah 12 kali gagal, Spanyol akhirnya mampu menggenggam trofi juara dunia pertamanya dalam partisipasi ke 13. Iker Casillas dan kawan-kawan juga mencatatkan diri sebagai tim pertama yang mampu menjadi juara usai takluk di laga perdana.

Menurut data dari berbagai sumber, gol pertama di Piala Dunia 2010 tercatat dicetak oleh pemain tuan rumah, Siphiwe Tshabalala yang membawa Afsel mengungguli Meksiko di menit ke-55, sayang gol perdana di Piala Dunia 2010 tersebut tak mampu membawa timnya meraih angka penuh.

Untuk pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri dicatatkan atas anam Simon Poulsen saat Denmark menyerah 0-2 dari Belanda di laga pertama babak penyisihan Grup E. Gol pertama yang diciptakan melalui tendangan penalty dipelopori oleh bomber Ghana, Asamoah Gyan menyusul handball yang dilakukan pemain Serbia, Zdravko Kuamanovic. Di sini, Ghana menang 1-0. Korea Selatan menjadi tim pertama yang mampu meraih angka penuh dengan mengalahkan Yunani 2-0.

Untuk urusan kartu, pemain pertama yang mencatatkan dirinya sebagai korban kartu merah wasit adalah pemain Uruguay, Nicolas Lodeiro. Lodeiro menerima kartu merah langsung dari wasit saat Uruguay bermain imbang 0-0 melawan Perancis. Itumeleng Khune menjadi kipper pertama yang menerima kartu merah.

Yang juga menarik untuk disimak adalah tim yang harus angkat koper pertama dan tim yang mencatatkan debut pertamanya di Piala Dunia. Tim yang gugur pertama kali adalah Kamerun. Samuel Eto’o dan kawan-kawan harus pulang paling awal setelah tak mampu mencetak satu poin pun. Slovakia mencatatkan diri sebagai satu-satunya tim yang mencatatkan debut di Piala Dunia usai memecahkan diri dari Cekoslavakia dan membentuk timnas sendiri pada tahun 1993. prestasi Slovakia dalam debut perdananya pun terbilang mengesankan karena memastikan Italia sebagai juara bertahan harus pulang lebih awal.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang harus dilakukan oleh Indonesia agar dapat masuk untuk pertama kalinya dalam piala dunia selanjutnya? Mungkin bukan sebagai negara pertama yang berhasil masuk ke Piala Dunia se-Asia tapi negara pertama di Asia yang menjadi juara pertama Piala Dunia?

0 komentar: